Sabtu, 18 Desember 2010

Haji

Haji

Tujuan ibadah haji adalah mencapai ridha dan cinta Allah. Mengenal Allah adalah dasar segala kebaikan, sebagaimana segala keburukan adalah akibat tidak mengenal Allah.

Proses mengenal Allah

Langkah-langkah menuju Ma’rifatullah

1. Ihram yaitu mengganti pakaian ihram/mengganti status. Dengan sangat halus “kain ihram”menuntun kita untuk secara alami menanggalkan seluruh syahwat duniawi yang selama ini melekat dalam diri kita. Kalau kita ingin mengenal Allah dengan baik harus bisa meletakkan Allah dihati. Yang memiliki kemampuan mengenal Allah adalah hati, bukan akal. Agar Allah benar dihati/hati dibersamai oleh Allah, muncul maiyah maka syahwat duniawi harus dihilangkan. Misal dengan shalat mengingat Allah. Kain Ihram adalah pakaian kita dihadapan Allah, bahwa kita telah meninggalkan seluruh gemerlap pakaian duniawi yang selama ini melenakan kita dari tujuan hidup yang sesungguhnya. Bila meninggal dunia belum puas dengan permainan dunia maka kedatangan malaikat maut akan sangat menyusahkan sebaliknya bila kita siap, malaikat maut menjemput kita dengan baik. Kelemahan kita adalah ga berani punya cita-cita tinggi. Mengapa kita ga berani bermimpi memasuki syurga firdaus? Obama aja punya cita-cita ga peduli apa pandangan orang lain.so…

2. Talbiyah adalah ikrar hati yang telah betul-betul telah sunyi dari hiruk pikuk duniawi. Yang ada hanyalah Allah… laa syariikalah.. prinsipnya saya akan mencari duniawi sebanyak-banyaknya dan akan saya miliki di akhirat nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar