Sabtu, 18 Desember 2010

Jalan Segala Kebaikan Adalah Mengenal Allah

Bismillah DS 02 Juli 2009

Jalan segala kebaikan adalah mengenal Allah

Allah melingkupi 3 nama: Kasih Sayang, Keagungan dan Keadilan

DihadapanNya posisi kita adalah sebagai hamba. Seorang hamba Allah selayaknya tidak punya keinginan apapun selain hanya ingin memenuhi keinginan Allah Ta’ala.

Al Ahzab ayat 36: “ Tidaklah patut bagi seorang mukmin baik laki-laki maupun perempuan apabila Allah dan RasulNya telah menetapkan sesuatu urusan, ia memiliki pilihan lain tentang urusan mereka. Dan barangsiapa mendurhakai Allah dan RasulNya, maka sesungguhnya ia telah sesat dalam kesesatan yang nyata”.

Hidup adalah pilihan. Selayaknya seorang hamba memilih untuk sujud. Seorang hamba hanya memilih apa yang Allah pilihkan untuknya. Jika seseorang ridha pada kemauan Allah , maka Allah ridha padanya.

Tidak ada satupun manusia yang berjalan dimuka bumi ini kecuali pastilah ia sebagai seorang hamba.

Hamba Allah bertujuan dan hanya memiliki keinginan terhadap Allah sehingga mau berbuat apa saja untuk Allah. Hamba selain Allah mau berbuat apa saja selain untuk Allah misalnya harta, tahta, wanita, pupolaritas, dan nafsu. Dalam Q.S Al Jatsiyah ayat 23: “ Maka pernahkah kamu melihat orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai Tuhannya?”

Cara pandang hamba Allah

Hamba Allah memiliki cara pandang yang berbeda dengan hamba selain Allah.

Renungan

1. Sabar sulit atau mudah?

2. Renungkan sampai kita menemukan wajah yang paling tidak kita sukai dimuka bumi ini.

3. Sejak kapan membenci mereka?

4. Seberapa lama membenci orang dan menyimpannya? (Menyimpan kebencian sama saja dengan menyimpan buah/daging busuk didalam lemari. Sam juga)

5. Bagaiman perasaan kita bila shalat berajamaah dibelakan imam yang yang panjang bacaannya dan tidak enak suaranya( Shalat panjang dan lama itu mengantar ke syurga sedang dendan mengantar ke neraka)

Seringkali kita bisa sabar menahan derita dalam memenuhi keinginan nafsu, tapi sulit sekali bisa sabar menahan derita yang ringan sekalipun demi mendapat ridha Allah.

Perjalanan seorang hamba Allah

Mengenal dan merasakan kasih sayang, Keagungan dan Keadilan Allah Ta’ala. Al Anfal ayat 2:

Sifat-sifat orang mukmin

2. Sesungguhnya orang-orang yang beriman[594] ialah mereka yang bila disebut nama Allah[595] gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayatNya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal.

[594]. Maksudnya: orang yang sempurna imannya.

[595]. Dimaksud dengan disebut nama Allah ialah: menyebut sifat-sifat yang mengagungkan dan memuliakanNya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar