Sabtu, 18 Desember 2010

Jalan Syurga

Jalan syurga

Jalan syurga diliputi “makarah”. Misal mengikuti pengajian, ceramah, dan khutbah jum’at. Ketika shalat lama semakin senang. Sedangkan jalan ke neraka diliputi syahwat, misalnya ghibah.

Ketika kita mengaji kita harus tahu ujungnya. Hidup adalah dunia tempat menempuh perjalanan panjang ke kanan yaitu syurga atau ke kiri yaitu k eneraka. Dengan apa seseorang sampai ke syurga atau neraka? yaitu dengan amal. Amal yang benar dan baik akan membawa ke syurga. Benar saja atau baik saja tidak akan membawa membawa ke syurga. Sedang amal yang salah dan buruk akan membawa ke neraka. Dikatakan benar bila sesuai tuntunan. Sedang dikatakan baik bila dilakukan semata karena Allah (ada hukum halal dan hukum haram).

Semoga Allah menggolongkan kita sebagai ahli pengajian yang ahli syurga dan pastikan bahwa amal yang kita lakukan dengan kesadaran hukum. Ahli surga sudah terlihat. Mereka menjaga hukum-hukum Allah. Jika tidak tahu hukumnya mencari ilmunya terlebih dahulu. Jika tidak tahu, tidak mau melakukan itu. Misal mau berdagang mencari ilmu fiqh dagang. Mau makan makanan yang jelas halalnya.

Hukum bersatu akar kata dengan hikmah, maqshidusy syariah, tujuan hukum adalah mashalihul mursalah sebagai perwujudan ilmu, ketelitian dan kebijaksanaan Allah. Agar kita selalu tunduk dengan hukum Allah adalah dengan mensibgah diri dengan 3 nama Allah: Al Alim, Al Hakim, dan Al Khobir. Dan berdoalah dengan:

Ya Allah sinarilah hati kami dengan cahaya-cahaya Maha BijaksanaMU dan limpahkan atas kami rahasia-rahasia Maha WaspadaMU(teliti)MU juga Maha TahuMU sampai terpancar hikmah dari hati kami, nampak di dalam lisan kami dan amal-amal kami.

Macam-macam Doa

ü Doa Matsur, yaitu doa yang diajarkan oleh Allah dan Rasulullah SAW, doa sebagai penghambaan.Terus berdoa ada atau tidak ada masalah.

ü Doa Ma’ruf, yaitu doa yang diajarkan ulama, sudah biasa diamalkan dan dikenal baiknya.

ü Doa Maqru’, yaitu yang dibaca dan dirangkai sendiri oleh seorang muslim.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar